7 Jenis Selimut Bayi yang Bagus Bagi Si Kecil

Saat sedang tertidur, bayi membutuhkan kehangatan dan perlindungan untuk merasa aman. Rengkuhan ibu dan juga selimut bayi yang nyaman saat tertidur memang sangat dibutuhkan oleh si kecil. Tentu saja, memilih selimut bayi yang bagus untuk dikenakan adalah salah satu cara untuk membuat si bayi nyaman. Perlu anda ketahui, ternyata selimut bayi pun ada banyak jenisnya. 

selimut bayi bagus dan nyaman untuk kulit si kecil

Lantas, bagaimana cara yang benar dalam memilih selimut bayi?

Cara Memilih Selimut Bayi yang Bagus

Bila anda merupakan ibu muda yang masih kebingungan cara memilih selimut bayi yang bagus, coba ikuti tips berikut ini.

1. Pilih selimut bayi sesuai dengan cuaca

Bila saat ini cuaca sedang dingin-dinginnya, sebaiknya Bunda memilih jenis selimut bayi yang tebal. Sebaliknya, ketika kondisi cuaca sedang panas, pilih selimut yang cenderung tipis dan bisa menyerap keringat. Tentu anda bisa merasakan tekstur selimut sebelum membelinya. 

2. Hindari memilih selimut bayi kebesaran

Ukuran selimut bayi yang terlalu besar sebenarnya harus dihindari oleh Bunda. Kain selimut yang terlalu panjang dikhawatirkan akan menutup muka bayi dan membuatnya kesusahan bernafas. 

3. Jangan memilih selimut bayi yang terlalu kecil

Meski Bunda tidak seharusnya memilih selimut berukuran terlalu besar, bukan berarti selimut bayi yang dipilih harus berukuran kecil. Gunakan ukuran medium yang pas dengan ukuran bayi. 

4. Pastikan kain selimut bayi tidak kasar

Kulit bayi yang sensitif membutuhkan selimut dengan bahan halus. Hindari memilihkan selimut bayi yang kasar buat si kecil.

Jenis-Jenis Selimut Bayi yang Bagus

Selimut bayi ternyata memiliki berbagai macam jenis. Bunda bisa menyesuaikan jenis selimut bayi yang dikenakan dengan kondisi bayi.

  1. Selimut Bedong (Swaddling Blanket)

Bila Bayi Bunda merupakan tipe yang mudah terlelap, maka sebaiknya gunakan selimut bedong untuk 

  1. Security Blanket

Security blanket merupakan jenis selimut bayi yang memiliki tudung di atasnya. Jenis selimut ini melindungi kepala bayi dari angin kencang yang tidak diinginkan. 

  1. Selimut Persegi

Selimut persegi merupakan jenis selimut yang umum diberikan pada bayi. Bentuk segi empatnya sangat sederhana dan bisa digunakan untuk melindungi bayi dari kedinginan. Tak hanya itu, selimut bayi tipe ini bisa digunakan sebagai alas bayi. 

  1. Sleeping Bag

Sleeping bag merupakan jenis selimut bayi yang sangat bagus dikenakan untuk berpergian. Jenis selimut bayi ini sudah didesain sedemikian rupa untuk menutupi tubuh sesuai dengan postur tubuh manusia saat tidur. Untuk Bunda yang khawatir selimut biasa menyibak dan menutup wajah saat bayi tidur, bisa coba Baby Sleeping Bag. 

  1. Selimut bayi Flanel

Berdasarkan jenis kainnya, selimut bayi ada yang dibuat dari perpaduan kain flanel dan katun. Jenis kain ini sangat nyaman dikenakan bayi yang memiliki kulit sensitif. Buat Bunda yang ingin membeli selimut bayi, amat direkomendasikan memilih selimut dengan kain flanel dan katun. 

  1. Selimut Rajut

Selimut rajut bisa jadi alternatif untuk menghangatkan tubuh bayi. Selimut ini dibuat dari benang halus dan diproduksi secara handmade. Pastikan untuk memilih jenis rajutan selimut yang tidak terlalu longgar untuk si kecil. 

  1. Selimut Katun

Selimut bayi dengan bahan katun amatlah bagus dikenakan saat musim panas tiba. Jenis selimut ini tak hanya hangat nan lembut, namun juga mampu menyerap keringat. Enaknya lagi, selimut bayi katun sangatlah mudah dibersihkan. 

Apa Bisa Selimut Bayi Dikenakan Sebelum Umur 1 Tahun?

Demi masalah kenyamanan, bayi setidaknya diperkenalkan dengan selimut ketika berusia 18 bulan. Nah, pada umur ini, kemampuan motorik bayi sudah berkembang. Mereka sudah mampu menyibak sedikit selimutnya saat kain mengenai wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *