Bukti Sari Lemon Baik Untuk Tubuh Anda

Sari lemon berasal dari buah lemon, salah satu buah sitrus dengan kandungan vitamin C, serat, dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya. Semua nutrisi tersebut bertanggung jawab pada beberapa manfaat kesehatan. Faktanya, lemon dapat mendukung kesehatan jantung, mengontrol berat badan, dan kesehatan pencernaan. Artikel ini akan menunjukkan bukti mengapa memasukkan sari lemon ke dalam diet Anda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Sari lemon mengandung banyak vitamin C yang menyehatkan

Mendukung kesehatan jantung

Sari lemon, sama seperti buah lemon segar, merupakan sumber vitamin C yang baik. Dalam satu lemon segar mengandung sekitar 31 mg vitamin C, yang mana sudah mencakupi sekitar 51 persen asupan harian yang direkomendasikan (RDI). Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayur yang kaya kandungan vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Akan tetapi, tidak hanya vitamin C yang dipercaya baik untuk kesehatan jantung Anda. Serat dan senyawa tanaman pada lemon secara signifikan juga mampu menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung. Misalnya, sebuah studi menemukan konsumsi 24 gram serat ekstrak sitrus setiap harinya selama satu bulan dapat mengurangi level kolesterol darah total. Senyawa tanaman yang ditemukan di lemon, yang bernama hesperidin dan diosmin, juga ditemukan dapat menurunkan kolesterol. 

Dapat membantu menurunkan berat badan

Lemon sering disebut sebagai makanan penurun berat badan, dan ada beberapa teori mengapa hal tersebut dapat terjadi. Salah satu teori tersebut adalah serat pektin larut dalam air akan membesar di dalam lambung, membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Namun, tidak banyak orang mengonsumsi lemon segar, dan karena jus lemon tidak mengandung pectin, minuman jus lemon tidak akan membantu membuat merasa kenyang. Teori lainnya menyatakan minum air panas yang dicampur dengan lemon dapat membantu Anda menurunkan berat badan. 

Akan tetapi, minum air dipercaya secara sementara dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Sehingga, ada kemungkinan air lah yang membantu menurunkan berat badan, dan bukan lemon. Teori lain menyatakan bahwa senyawa tanaman di dalam lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa tanaman di dalam ekstrak lemon dapat membantu mencegah atau mengurangi pertambahan berat badan dalam beberapa cara. Dalam sebuah studi, tikus dalam diet penambah berat badan diberi polifenol lemon yang diekstrak dari kulit lemon. Mereka memiliki lebih sedikit penambahan berat badan dan lemak tubuh dibandingkan dengan tikus lainnya. Akan tetapi, belum ada studi yang mengkonfirmasi efek penurunan berat badan akibat senyawa lemon pada manusia. 

Mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah benjolan kecil yang terbentuk ketika produk limbah mengeras dan menumpuk di ginjal Anda. Kondisi ini cukup umum dijumpai, dan orang-orang yang memiliki kondisi ini akan berulang-ulang menderita kondisi serupa di kemudian hari. Asam sitrat dapat membantu mencegah batu ginjal dengan cara meningkatkan volume air seni dan meningkatkan pH air seni, menciptakan lingkungan yang kurang cocok untuk pembentukan batu ginjal. Hanya 125 ml sari lemon setiap harinya dapat menyediakan asam sitrat dalam jumlah cukup untuk membantu mencegah pembentukan batu ginjal pada orang-orang yang telah memiliki kondisi ini. 

Beberapa studi lain juga menemukan bahwa sari lemon dengan efektif dapat mencegah batu ginjal, namun hasil dari studi tersebut bermacam-macam. Studi lain menunjukkan tidak ada efek sama sekali. Untuk itu, studi lanjutan guna memeriksa apakah sari lemon memengaruhi pembentukan batu ginjal perlu dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *