Cara Menggunakan Matte Lipstik Sebelum, Saat, Sesudah

Matte lipstick adalah salah satu produk lipstik cair. Produk ini amat disukai banyak kaum hawa karena mempunyai tekstur yang creamy dan kental sehingga nyaman digunakan daripada tekstur keras pada lipstik non-cair.

Meski begitu, terdapat perbedaan yang perlu Anda ketahui saat ingin memakai lipstik cair, yaitu harus memakai aplikator untuk membantu memulaskan bibir di lipstik.

Hal ini tentu berbeda dari lipstik biasa yang bisa langsung dipulaskan dan memakai kuas hanya untuk merapikan.

Selain itu, memakai lipstik cair haruslah hati-hati karena salah pemakaian malah akan membuat warna lipstik menjadi tidak tepat, dan malah akan membuat bibir terlihat kering.

Pemulasan pada bibir lebih tricky sehingga menjadi tantangan tersendiri. Penggunaan aplikator bisa membuat tidak rapi apabila Anda belum terbiasa.

Formula pada lipstik ini cenderung pekat sehingga tidak mudah dibersihkan. Tentu saja ini membutuhkan waktu lebih panjang untuk membuatnya merata dan rapi sehingga tidak cocok digunakan dalam keadaan terburu-buru.

Lalu bagaimana caranya menggunakan matte lipstick cair yang tepat untuk hasil yang diinginkan dan tidak mengecewakan? Berikut ini adalah yang Anda harus perhatikan.

Sebelum

Pilih warna lipstik yang sesuai

Anda perlu memilih warna yang cocok pada bibir. Untuk tampilan sehari-hari, pilihlah warna nude dan pink karena keduanya cenderung netral sehingga bisa disesuaikan dengan riasan atau pakaian yang dikenakan. Untuk tampilan glamor, gunakan warna oranye dan merah supaya terlihat stand out.

Pilihan warna lipstik juga bisa disesuaikan dengan undertone, yaitu tone di bawah kulit. Anda bisa memilih hangat (warm), dingin (cool), atau netral.

Untuk undertone hangat, warna peach, oranye, dan cokelat jadi pilihan, sementara untuk undertone dingin, gunakan warna pink, merah cabe, dan keunguan. Nah, untuk undertone netral,  gunakan semua warna.

Rutin scrub bibir

Mengeksfoliasi bibir menggunakan scrub berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati, memaksimalkan penyerapan nutrisi dari produk perawatan bibir, dan menghindari tampilan flaky. 

Cara membuat scrub bibir alami cukup mudah. Campurkan saja  gula dengan minyak zaitun  dan gosokkan di bibir secara perlahan selama 30 detik kemudian basuh menggunakan air hangat hingga bersih.

Menggunakan lip balm

Perawatan bibir yang perlu juga  adalah penggunaan lip balm. Ini penting untuk membuat bibir tetap lembap dan tidak menjadi kering. 

Kulit bibir yang lembap, halus, dan bebas pecah-pecah akan membuat lipstik cair lebih mudah dipoleskan. Gunakanlah lip  balm setelah melakukan scrub bibir serta 30 menit sebelum mengaplikasikan lipstik cair.

Saat menggunakan

Saat semua persiapan di atas sudah dilakukan, kini saatnya bagi Anda untuk memulaskan lipstik cair pada bibir untuk menghasilkan warna matte yang diinginkan.

Gunakan lip primer

Lip primer digunakan untuk membuat lipstik lebih tahan lama di bibir sehingga Anda tidak perlu memulaskan lipstik berulang kali yang akan membuat bibir cepat kering.

Penggunaan lip primer ini sebenarnya bersifat opsional. Untuk warna pilihlah yang mendekati dengan warna yang Anda inginkan.

Pulaskan sampai merata

Untuk dapat memulaskan listrik secara merata ini buatlah garis bingkai yang rapi kemudian isilah seluruh bibir bagian atas dan bawah lalu gunakan ujung aplikator untuk merapikan sampai ke ujung bibir hingga warna merata.

Sesudah

Gosok bibir secara perlahan setelah penggunaan lipstik 

Yang perlu Anda lakukan sesudah menggunakan matte lipstick cair ini adalah jangan lupa untuk dibersihkan.

Sebab, jika tidak lipstik akan menumpuk di bibir, dan akan membuat bibir kering serta tidak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *