Rekomendasi Game Seru untuk Anak Perempuan

Rekomendasi Game Seru untuk Anak Perempuan

Mencari kegiatan belajar untuk anak-anak melalui permainan sebenarnya sangatlah banyak. Akan tetapi, memilihkan game seru untuk anak perempuan sesuai usia harus membutuhkan perhatian khusus. Pasalnya, tidak semua anak cocok dengan game yang telah Anda berikan. Ada faktor utama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kegiatan belajar melalui berbagai game seru untuk perempuan seperti berikut:

Cara memilih game seru untuk anak perempuan

Usia anak 

Ini adalah faktor yang sangat besar karena usia anak sangat mempengaruhi kemampuan dan kebutuhan belajarnya. Usia juga memberi Anda informasi penting tentang periode sensitif mereka. Periode sensitif mengacu pada waktu ketika anak-anak sangat fokus dalam mempelajari keterampilan atau pengetahuan tertentu dan sangat tertarik pada kegiatan yang mendukung periode sensitif tersebut. Menyadari kebutuhan belajar anak-anak dan periode sensitif akan sangat membantu Anda dalam memilih kegiatan yang paling sesuai untuk perkembangan anak-anak.

Ada beberapa pengelompokkan usia anak-anak yang terbagi menjadi tiga (bayi, balita, dan anak prasekolah). Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis game seru untuk anak perempuan yang sesuai dengan setiap kelompok usia, untuk memenuhi kebutuhan belajar mereka yang muncul dan periode sensitif.

Kegiatan belajar untuk bayi

Sejak lahir, bayi sudah sangat ingin belajar dan menjelajahi dunia! Mereka menggunakan panca indera mereka untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana dunia bekerja. Anda dapat memberikan permainan yang mampu mengasah kemampuan indra penglihatan, pengecap dan pendengarannya, seperti alat musik, tether dan mainan menggantung di atas kasur tidurnya. 

Komunikasi dan bahasa

Bayi menyerap kata-kata dan keinginan untuk berkomunikasi sejak hari pertama. Pada tahap ini Anda sebaiknya berbicaralah dengan bayi sesering mungkin. Ini adalah hal terbaik (dan paling sederhana) yang dapat Anda lakukan untuk mengasah perkembangan intelektual bayi.

Selain itu, Anda juga dapat membacakan buku cerita untuk bayi Anda. Selanjutnya, cobalah untuk bernyanyi untuk bayi dan memilih lagu-lagu yang sekiranya menjadi favoritnya serta membuatnya tersenyum setiap kali Anda bernyanyi. Terakhir, cobalah untuk membiarkan bayi berbicara tentang kebutuhan mereka. Anda harus mencari tahunya dengan cara melakukan pendekatan. Meski tidak mudah, namun lambat laun, Anda akan mengerti bahasa bayi atau perasaan yang sedang ia inginkan.

Keterampilan motorik dan gerakan

Sejak lahir, bayi berada dalam periode sensitif gerakan dan sangat tertarik untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasarnya. Untuk mendukung bayi dalam periode sensitif ini cobalah untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi bayi untuk bergerak bebas. Beri bayi banyak kesempatan untuk merangkak, menarik, dan berjalan. Terakhir sediakan mainan yang aman untuk dipegang oleh tangan kecilnya

Aktivitas menyortir bentuk untuk balita

Salah satu game seru untuk anak perempuan adalah melatih keterampilan motoriknya. Pada usia sekitar 2 tahun, balita memasuki periode sensitif terhadap keterampilan motorik halus. Di mana mereka secara aktif bekerja untuk meningkatkan koordinasi dan gerakan. Beberapa keterampilan motorik kasar yang mungkin diperoleh balita selama tahap ini termasuk berlari, melompat, melempar/menangkap bola, memanjat, dan banyak lagi.

Cara terbaik bagi balita untuk melatih otot-otot besar mereka dan melatih keterampilan motorik kasar adalah dengan bermain di taman, berjalan-jalan serta menjelajahi alam terbuka. Anda juga bisa memberikan mereka beberapa latihan atau permainan yang sangat berguna untuk mengasah keterampilan motoriknya seperti berikut.

  • Mengambil barang-barang kecil dengan jari mereka (pegangan penjepit)
  • Menyendok makanan ke dalam mulut mereka dengan sendok
  • Mengupas dan menempel stiker
  • Memegang spidol dan mencoba menggambar/menulis

Anda dapat memberikan banyak kesempatan kepada anak-anak untuk melatih otot-otot kecilnya sehingga mereka dapat terus mengasah kemampuan motoriknya. 

Permainan indra

Usia 2 tahun adalah saat mereka memasuki masa pemurnian indera yang sensitif. Minat mereka pada pengalaman sensorik meningkat. Terus berikan balita banyak pengalaman sensorik. Game seru untuk anak perempuan dan laki-laki yang bisa Anda coba adalah playdough. Mainan adalah cara luar biasa bagi anak-anak untuk menjelajah dengan indra peraba mereka sambil bersenang-senang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *