Jangan Diremehkan, Ini Pentingnya Memakai Sunscreen untuk Remaja

Kebanyakan anak-anak dan remaja belum terlalu memprioritaskan penggunaan sunscreen. Padahal, meskipun kulit remaja umumnya masih lebih sehat dibanding kulit dewasa, pemakaian sunscreen untuk remaja sudah sangat penting untuk dilakukan.

Menggunakan sunscreen adalah salah satu upaya melindungi kesehatan kulit sejak muda. Dengan begitu, kondisi kulit akan tetap lebih terjaga kesehatannya hingga masa tua nantinya.

Berbagai rekomendasi skincare untuk remaja hadir di pasaran

Alasan perlu memakai sunscreen untuk remaja 

Ketika remaja tidak menggunakan sunscreen dengan benar, maka akan ada beberapa efek negatif yang dirasakan pada kulit. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa alasan mengapa penting untuk menggunakan sunscreen bagi para remaja:

  • Menghindari kanker kulit

Salah satu kanker kulit yang bisa terjadi akibat paparan sinar matahari berlebih adalah melanoma. Kebanyakan orang mengira melanoma hanya bisa menyerang orang dewasa saja.

Padahal, menurut penelitian, tingkat kanker kulit yang menyerang anak-anak dan remaja mengalami kenaikan hingga 250 persen selama 40 tahun terakhir. Ini membuktikan bahwa remaja pun tidak terlepas dari risiko kanker kulit akibat sinar matahari.

Oleh sebab itu, jangan abaikan pentingnya memakai sunscreen. Gunakanlah sunscreen sejak anak-anak, remaja, sampai dewasa untuk terhindar dari risiko kanker kulit.

  • Meningkatkan kelembaban kulit

Sebagian besar produk sunscreen yang ditujukan untuk remaja dilengkapi dengan formulasi yang mampu melembabkan kulit. Oleh sebab itu, memakai sunscreen juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit para remaja.

Kulit yang kering lebih rentan mengalami kerusakan. Kekeringan pada kulit bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari dehidrasi, paparan sinar matahari berlebih, faktor genetik, dan lain sebagainya.

Jangan ragu untuk menggunakan sunscreen untuk remaja, karena selain mendapatkan perlindungan dari sinar UV, sunscreen juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit Anda. 

  • Membangun kebiasaan memakai sunscreen

Masa remaja adalah masa yang sangat tepat untuk mulai membangun kebiasaan memakai sunscreen. Bagi orang yang sudah lebih dewasa, membentuk kebiasaan baru bukanlah hal yang mudah.

Oleh sebab itu, usahakan untuk rutin memakai sunscreen setiap hari, apalagi di usia remaja. Karena, ini bisa menjadi langkah awal yang baik untuk membiasakan diri dalam memakai sunscreen hingga tua nanti. 

Waktu yang tepat untuk memakai sunscreen

Perlu diperhatikan, pemakaian sunscreen untuk remaja tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda perlu mengetahui waktu yang tepat untuk memakai sunscreen. Berikut ini panduannya:

  1. Pakai sunscreen sekitar 30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Ini memberikan waktu bagi kulit untuk menyerap produk sunscreen sepenuhnya dan tidak mudah terhapus saat berkeringat.
  2. Aplikasikan sunscreen kembali setelah 4-5 jam beraktivitas di bawah sinar matahari, atau setelah berenang atau melakukan kegiatan berat yang mengeluarkan keringat, seperti olahraga.
  3. Pakai sunscreen bukan hanya saat beraktivitas di luar ruangan, tapi juga saat di dalam ruangan. Sinar matahari bisa masuk melalui jendela atau pintu.

Dalam beberapa kasus, paparan sinar UV tidak selalu hanya berasal dari matahari. Anda juga bisa terkena paparan sinar UV apabila menggunakan lampu dengan kadar UV di dalam ruangan. 

Oleh sebab itu, jangan abaikan pentingnya menggunakan sunscreen untuk remaja, bahkan meski Anda hanya beraktivitas di dalam ruangan saja. Ketika akan mengaplikasikan kembali sunscreen setelah 4-5 jam, pastikan Anda membersihkan kulit wajah Anda terlebih dahulu dari keringat, debu, dan minyak. Hal ini penting supaya sunscreen bisa teraplikasikan dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *